Sebelum merenovasi rumah, ada banyak biaya-biaya yang harus dikalkulasikan secara matang agar anggaran sesuai bajet dan perencanaan awal. Salah satunya ialah biaya tukang. Upah tukang sendiri memiliki nominal yang variatif, tergantung dari tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki.

Selain itu, biaya tukang juga dapat ditentukan berdasarkan sistem kerja dan pemberian upah. Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa biaya tukang dibagi menjadi tiga sistem sesuai dengan metode pembayaran upahnya.

Untuk lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut.

Sistem Tukang Bangunan Harian

Upah tukang dibayarkan menggunakan sistem harian. Biasanya juga dengan menghitung jumlah hari kerja dalam sepekan lalu dikalkulasikan dan dibayarkan pada hari sabtu.

Keuntungan dari menggunakan jasa tukang harian ialah Anda dapat menghentikan pekerjaan dari tukang jika hasilnya kurang memuaskan. Sementara kekurangannya adalah Anda harus sibuk sendiri mengurus berbagai kebutuhan diluar pertukangan seperti material dan lainnya.

Selain itu, pengawasan ekstra dari Anda dibutuhkan agar tukang bekerja on track alias tidak bermalas-malasan. Dengan demikian pekerjaan renovasi rumah selesai tepat waktu dan tidak menambah biaya tukang renovasi.

Adapun nominal upah tukang bangunan harian sangat bervariasi sesuai kemampuan, dan skill tukang, serta standar upah yang berlaku di daerah Anda tinggal.

Saran, sebaiknya Anda sudah menyiapkan gambar kerja (panduan kontraktor), detail desain dan pekerjaan, serta material jika ingin menggunakan jasa tukang bangunan harian.

Sistem Tukang Bangunan Borongan

Sistem pengupahan tukang borongan dibagi menjadi dua metode. Pertama, memberikan upah kerja berdasarkan pekerjaan yang diborong. Harga dapat sesuai kesepakatan antara Anda dan tukang bangunan kepercayaan Anda. Namun, metode ini hanya termasuk upah saja.

Kedua, menerapkan metode borongan penuh. Di mana biaya tukang sudah termasuk upah dan pembelian material. Sehingga Anda tinggal menjalankan fungsi pengawasan agar pekerjaan renovasi rumah berjalan lancar.

Kelebihan dari sistem borongan ialah besaran biaya cenderung lebih murah karena Anda bisa mengatur kesepakatan dengan pihak tukang. Sedangkan kelemahannya ada pada kualitas pekerjaan yang mungkin saja kurang karena dikerjakan secara terburu-buru. Meski tidak semua tukang bangunan borongan seperti itu, Anda tetap harus mengawasi proses dan hasil pekerjaan dengan baik.

Upah Lembur

Apabila tukang bangunan bekerja lebih dari 8 jam (batas waktu kerja yang ditentukan pemerintah), maka upah lembur wajib dibayarkan sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Namun, upah lembur tidak berlaku jika Anda menggunakan sistem tukang bangunan borongan.

Nominal upah lembur biasanya sebesar 2X dari upah harian tukang atau tergantung pada jenis pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Cara Menghitung Biaya Tukang Bangunan Untuk Renovasi Rumah

Untuk menghitung biaya tukang renovasi rumah Anda, perlu diketahui lebih dulu standar upah yang berlaku serta sistem pengupahan tukang seperti apa yang Anda terapkan.

Berikut ini estimasi upah tukang yang dilansir dari beberapa referensi :

Biaya Tukang Bangunan Harian

Standar Upah Tukang Jakarta by Builder

Harga diatas dapat berbeda berdasarkan standar yang berlaku di tempat Anda tinggal. Standar upah juga tergantung dari luas bangunan yang dikerjakan dan seberapa rumit desainnya.

Biaya Tukang Bangunan Borongan

Menentukan biaya tukang bangunan dengan sistem borongan bisa dibilang cukup mudah. Upah yang disepakati per m2 tinggal dikalikan dengan luas bangunan rumah Anda yang akan di renovasi. Sebelum itu, di bawah ini ada beberapa pertimbangan dalam memberikan upah per m2 :

  • Keterampilan Tukang

Semakin ahli tukang yang Anda pekerjakan, standar gajinya pun bisa jadi semakin naik. Banyaknya tukang ahli yang terlibat dalam pekerjaan akan memengaruhi besarnya harga borongan. Akan tetapi kualitas dan kecepatan kerja pasti sebanding.

  • Tingkat Kesulitan

Rumah dengan desain rumit dan detail membutuhkan waktu lebih lama untuk merenovasinya. Hal ini memengaruhi jumlah jenis pekerjaan dan jumlah tukang borongan.

  • Lokasi Pekerjaan

Seperti yang selalu kami tekankan di atas bahwa standar bisa jadi berbeda di tiap daerah. Maka dari itu, lokasi pekerjaan pun menjadi faktor penentu harga upah tukang. Misalnya, upah tukang borongan di perkotaan akan lebih mahal dibanding upah kerja di daerah-daerah kecil.

Standar Upah Tukang Borongan per m2 by Banamitra

Kesimpulan

Menghitung biaya tukang renovasi rumah bukanlah hal yang bisa dilakukan sekadarnya saja. Banyak pertimbangan dan keputusan yang harus diambil agar terwujudnya kerjasama dengan baik, antara Anda dan pihak tukang. Salah dua diantara ialah menentukan metode pengupahan dan menghitung total biaya tukang untuk dianggarkan.

Berdasarkan SNI yang ditetapkan pemerintah,metode pperhitungan upah tukang yang seringkali diterapkan di Indonesia adalah dengan memakai perhitungan upah pekerjaan ABK 2008 (Analisa Biaya Konstruksi). Penetapan ini dibuat sesuai produktivitas pekerjaan tukang di lapangan.

Demikian artikel Biaya Tukang Renovasi Rumah yang kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat menjadi panduan untuk Anda, meski harga yang berlaku mungkin berbeda dengan di daerah Anda.

Mau renovasi rumah tanpa repot mendesain model dan menghitung anggaran biaya? Cek di sini!

Admin Portal

Author Admin Portal

Tim Penulis www.portalindonesiaperkasa.com

More posts by Admin Portal

Join the discussion One Comment

  • Wah lengkap sekali informasinya, sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka yang hendak merenovasi rumahnya. Salam dari kami pemborong bangunan specialis renovasi rumah di kota Maja, Lebak, Banten

Leave a Reply

Share via
Copy link
Powered by Social Snap