Dahulu, kata kanopi digunakan untuk menyebut salah satu lapisan hutan hujan yang berada di ketinggian di atas 100 kaki. Di mana lapisan tersebut terdiri dari rambatan ranting dan dedaunan pohon yang membentuk penutup layaknya sebuah atap. Lantas istilah ini diadopsi ke dalam bidang bangunan untuk menyebut rangka atap yang menaungi bagian luar bangunan.

Kanopi atau rangka atap dulunya banyak digunakan untuk beranda rumah, namun dewasa ini penggunaannya sudah merambat untuk gedung perkantoran, masjid, sekolah, dan bangunan-bangunan lainnya. Seiring perkembangan zaman, material dasar untuk rangka dan atap pun semakin beragam. Mulai dari atap spandek, bahan kaca, rangka besi, hingga baja ringan.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai kanopi. Jika Anda berniat memasang kanopi untuk rumah tapi masih ragu, ada baiknya Anda menyimak 5 alasan memasang kanopi rumah di bawah ini. Barangkali Anda bisa mendapat pencerahan dan segera take action!

Kanopi minimalis oleh Portal Kanopi

Kanopi Sebagai Pelindung Rumah Dari Iklim

Manfaat utama pemasangan kanopi pada rumah ialah sebagai pelindung dari perubahan iklim yang kerap terjadi. Mulai dari panas terik musim kemarau, angin kencang, sampai curah hujan di musim penghujan. Dengan kanopi, rumah akan terasa lebih sejuk dan terlindungi dari tempias hujan yang berpotensi membasahi lantai teras atau masuk ke ruang berjendela. Jadi, memasang kanopi sangat berguna untuk melindungi bagian luar rumah Anda.

Kanopi Sebagai Penambah Nilai Estetika Rumah

Selain alasan fungsional, pemasangan kanopi juga ditujukan sebagai bagian dari desain eksterior rumah. Kecanggihan teknologi saat ini memunculkan berbagai macam desain kanopi yang modern dan unik, sehingga dapat menambah nilai estetika rumah Anda dengan menciptakan kesan artistik tertentu. Namun, disamping memerhatikan motif dan model kanopi, Anda juga harus menimbang pemilihan material dasar dan bahan rangka. Pastikan memilih bahan yang berkualitas dan awet, ya!

Instalasi Kanopi Rumah Sangat Mudah dan Cepat

Salah satu bahan kanopi yang paling sering digunakan adalah baja ringan. Material yang kuat tapi berbobot ringan, serta tahan lama. Kanopi baja ringan juga terkenal dengan instalasinya yang mudah dan cepat, biasanya selesai kurang dari seminggu tergantung luasan area pemasangan. Jenis kanopi ini juga tidak mengalami proses pemuaian sehingga keunggulannya adalah anti susut. Tidak hanya itu, biayanya pun terjangkau dan cenderung lebih murah.

Kanopi Rumah Sangat Multifungsi

Jika Anda memiliki kendaraan utamanya mobil dan sering terparkir di halaman karena ketiadaan garasi, maka sepatutnya Anda merasa cemas. Perubahan cuaca yang tidak menentu berpotensi membuat cat kendaraan Anda kusam dan mengelupas. Di sinilah letak salah satu urgensi pemasangan kanopi rumah. Halaman yang tadinya tidak terlindungi, bisa Anda gunakan sebagai garasi setelah dipasangi kanopi. Ketika musim hujan, Anda juga tidak perlu cemas karena tidak memiliki tempat untuk menjemur cucian atau acara Anda akan terhalang. Sangat multifungsi, kan?

Dompet Aman Dari Pemborosan Biaya

Bayangkan, jika Anda harus membangun garasi untuk kendaraan. Atau mesti memperbaiki teras yang rapuh dan retak sebab diterpa curah hujan terus menerus. Pastilah hal itu akan membuat Anda mengeluarkan biaya ekstra. Dengan memasang kanopi Anda bisa berhemat untuk jangka waktu yang panjang. Selain itu, kanopi utamanya kanopi baja ringan memiliki bahan baku yang murah tapi berkualitas. Anda tidak perlu membayar dana tambahan untuk perawatan atau pemasangan lapisan khusus. Dompet Anda pun akan aman dari biaya-biaya yang tidak perlu.

Kanopi Minimalis oleh Portal Kanopi

Kanopi rumah masih memiliki banyak manfaat, namun 5 poin di atas cukup untuk mewakili semua. Dari 5 alasan di atas, alasan manakah yang membuat Anda yakin? Sekarang keputusan ada di tangan Anda untuk menentukan apakah akan memasang kanopi atau sebaliknya setelah mengetahui manfaat kanopi untuk rumah. Jika Anda berniat memasang kanopi ada baiknya Anda memilih Jasa Pembuatan Kanopi berpengalaman dan terpercaya. Seperti tim Kanopi Portal yang siap mendampingi dan menerima konsultasi Anda perihal pembuatan dan pemasangan kanopi.  Semoga bermanfaat!

Admin Portal

Author Admin Portal

Tim Penulis www.portalindonesiaperkasa.com

More posts by Admin Portal

Leave a Reply

Share via
Copy link
Powered by Social Snap