www.google.com

Saat ini rumah kos-kosan semakin menjamur di kota-kota besar bahkan di desa. Misalnya, di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Di kabupaten Gowa sendiri, banyak para pebisnis yang membangun kos-kosan untuk meraup keuntungan dari bisnis property. Bisnis property memang bisa dijadikan sebagai passive income.

Buat Anda yang berencana membangun rumah kos-kosan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan! Jangan sampai, Anda hanya asal membangun tanpa memperhatikan aspek-aspek lainnya. Nah, sebelum membangun rumah kos-kosan, perhatikan 5 hal berikut ini!

  • Mencari Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membangun rumah kos-kosan ialah lokasi. Lokasi sangat menentukan apakah kos-kosan nanti yang dibuat bisa dijangkau oleh orang-orang atau malah sebaliknya. Sebaiknya, lokasi yang dpilih dekat dengan area perkantoran, kampus, rumah sakit, dan sebagainya. Bagaimanapun, membangun kos-kosan harus dekat dengan fasilitas publik. Apabila lokasi kos-kosan yang dipilih dekat dengan fasilitas publik, pasti banyak para pencari kosan yang menginginkannya.

Oleh karena itu, sebaiknya memilih lokasi strategis jika rumah kos-kosan Anda ingin banyak dilirik. Walaupun memang harga sewa kos cenderung lebih mahal nantinya. Namun, dengan begitu memiliki rumah kos-kosan dilingkup yang ramai, maka tidak akan kesulitan dalam mencari penyewa kos. Jadi, usahakan membangun rumah kos di lokasi strategis yaa!

  • Fasilitas yang Disediakan

Hal selanjutnya yang mesti diperhatikan sebelum membangun rumah kos-kosan ialah fasilitas yang disediakan. Biasanya, ada beberapa penyewa yang memperhatikan dari segi fasilitas yang disediakan. Seperti, kamar mandi di dalam kamar kos, area dapur, tempat parkir, keamanan kosan, air, listrik, free wifi dan lain-lain. Hal-hal tersebut akan menjadi nilai lebih yang diberikan kepada penyewa kos, sehingga bisa lebih mudah melirik rumah kosan Anda.

Disamping itu, ketersediaan air dan listrik sangat penting untuk diperhatikan agar para penyewa kos bisa tetap nyaman berlama-lamaan menyewa rumah kos Anda. Apabila sumber air yang disediakan kurang lancar mengalir, bisa dipastikan para penyewa tidak akan betah berlama-lamaan menyewa rumah kos Anda. Jadi, usahakan memperhatikan hal tersebut yaa!

Tidak bisa dipungkiri, banyak para penyewa kos yang mencari rumah kos-kosan dengan fasilitas lengkap untuk memudahkan segala aktivitas para penyewa. Selain itu, lengkapnya fasilitas yang disediakan sebenarnya mempengaruhi harga sewa rumah kos. Tapi, tidak menutup kemungkinan masih banyak yang melirik rumah kosan yang fasilitasnya lengkap walaupunn harga relatif mahal.

  • Pemilik Kos yang Ramah

Jika rumah kosan Anda ingin ramai ditempati, usahakan menjadi pemilik rumah kos yang ramah terhadap para penyewa. Dimana jika Anda bersikap ramah terhadap para penyewa kos, bisa membuat para penyewa lebih nyaman dan betah berlama-lamaan. Tentu saja menjadi daya tarik bagi bisnis Anda. Jadi, jangan merasa sungkan kepada para penyewa yaa. Setidaknya Anda mengenal satu sama lain.

  • Menentukan Konsep Desain

Nah, hal yang satu ini jangan sampai terlewatkan yaa. Kenapa? Saat ini semakin banyak bertebaran dimana-mana rumah kos-kosan yang memiliki konsep desain instagramable dan unik. Dimana bisa menarik perhatian dan kenyamanan para calon penyewa. Anda bisa mengusung konsep desain yang berbeda dengan kompetitor lainnya.  Walaupun Anda harus siap=siap mengeluarkan biaya lebih besar jika menggunakan konsep desain unik dan instagramable. Misalnya konsep industrial atau kontemporer. Disamping itu, Jika Anda masih bingung memikirkan konsep desain seperti apa rumah kosan yang akan dibangun, Anda bisa memakai jasa arsitek untuk membantu dari segi konsep desain yang cocok. Jadi, Anda tidak usah bingung memikirkan konsep yang cocok bagaimana sih. Cukup serahkan ke jasa arsitek saja!

  • Berikan Harga Terbaik
www.crello.com

Terakhir, Anda harus menentukan harga sewa yang menjadi penentu apakah dengan harga yang diberikan cukup masuk akal atau tidak. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu, rata-rata biaya sewa kos di daerah yang akan dibangun rumah kos sekitaran berapa. Jangan sampai Anda terlalu memasang harga relatif mahal dibandingkan kompetitor lainnya. Sebaiknya, berikan harga sewa rumah kos sesuai dengan target pasar dan fasilitas yang sediakan rumah kos tersebut. Misalnya, salah satu kamar kos yang berada di daerah Kabupaten Gowa yang dilengkapi dengan fasilitas AC, kamar mandi dalam, area dapur dalam kamar, tempat tidur, kulkas dan sebagainya dibanderol dengan harga Rp. 1.000.000,- perbulan. Namun, apabila tanpa perabot dibanderol dengan harga Rp. 500.00-an. Jadi, Anda harus memasang harga sesuai dengan kompetitor lainnya yaa! Jangan sampai asal dalam memasang harga sewa, ya!

Nah itulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah kos-kosan. Semoga dengan ulasan diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Buat Anda yang berencana membangun rumah kos-kosan, mulai dari segi konsep sampai tahap pembangunan, bisa hubungi kami di nomor ini  0852 5519 1884 (Hamid Idris). Bisa dimulai dari konsultasi dulu saja. Gratis Kok!

Admin Portal

Author Admin Portal

Tim Penulis www.portalindonesiaperkasa.com

More posts by Admin Portal

Leave a Reply

Share via
Copy link
Powered by Social Snap