www.pexels.com

Dapur merupakan salah satu ruang wajib ada di dalam sebuah rumah. Dapur berfungsi untuk memasak atau menyiapkan makanan. Namun dewasa ini, dapur bukan hanya dianggap sebagai ruang memasak melainkan sebagai jantung rumah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berkumpul bersama keluarga bukan hanya berpatokan pada ruang keluarga saja ya!

Seiring perkembangan zaman, para orang-orang yang hobi memasak tentu ingin memiliki desain dapur yang mengikuti trend. Disamping itu, desain dapur yang indah bisa membuat para orang-orang yang hobi memasak, senang berlama-lamaan melakukan kegiatan di dapur. Kerap kali, ruang dapur dan ruang makan dijadikan dalam satu ruangan. Sehingga sering kita jumpai dapur dijadikan ruang kedua, untuk menjamu para rekan yang berkunjung ke rumah selain ruang tamu. Oleh karena itu, desain dapur yang indah merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi di setiap rumah.

Anda yang menginginkan desain dapur yang Indah, perlu diperhatikan pemilihan dekorasi dan tata letak furniture yang tepat. Jangan sampai Anda yang ingin memiliki desain yang indah dan nyaman, justru malah membuat tidak nyaman. Bisa saja karena kesalahan dekorasi dapur ya!

Banyak hal yang bisa Anda temukan untuk mendekorasi ruang dapur. Bisa saja berupa keinginan untuk merombak penampilan, fungsi sampai menata ulang furniture agar memiliki suasana yang berbeda. Oleh karena itu, perhatikan kesalahan-kesalahan dekorasi dapur yang membuat Anda tidak nyaman berlama-lamaan di dapur! Berikut beberapa kesalahan dekorasi dapur yang harus dihindari!

  • Perhatikan Tata Letak Furniture
www.pexels.com

Terkadang kesalahan dekorasi dapur yang satu ini, membuat Anda tidak menyadarinya. Sehingga membuat Anda tidak nyaman berlama-lamaan di dapur. Anda perlu memperhatikan tata letak furniture yang tepat. Misalnya, jangan menempatkan peralatan dapur terlalu tinggi atau terlalu rendah. Anda bisa menerapkan golden triangle principle. Golden triangle principle ialah aturan tata letak yang tepat. Dimana menghubungkan tiga perlengkapan dapur, seperti kompor, sink, dan kulkas. Ketiga perlengkapan dapur tersebut, harus ada akses untuk menghubungkan satu sama lain agar aktivitas di dapur berjalan secara efisien sehingga tidak membatasi ruang gerak memasak.

  • Kelompokkan Alat-alat Dapur Sesuai Fungsinya
www.pexels.com

Pernahkah Anda pusing mencari salah satu alat memasak lantaran alat-alat dapur tidak tertata dengan tepat? Peralatan alat-alat dapur harus dikelompokkan sesuai fungsinya. Misalnya, piring, gelas, mangkuk, sendok sebaiknya disimpan dalam satu area penyimpanan. Disamping itu, wajan, panci, pisau dapur, bumbu-bumbu dapur dan sejenisnya diletakkan berdekatan dengan kompor, agar memudahkan Anda dalam proses memasak.

Jadi, sebaiknya Anda mengelompokkan alat-alat dapur sesuai fungsinya, agar menghindari kesalahan dekorasi dapur yang membuat dapur tidak enak dipandang.

  • Hindari Memasang Banyak Rak Terbuka
www.pexels.com

Umumnya, ruang dapur memiliki banyak perabotan. Sehingga salah satu dekorasi desain dapur yang salah ialah banyak memasang rak terbuka. Memang rak terbuka membuat alat-alat dapur terlihat indah di pandang. Tapi, jangan sampai Anda salah memajang barang-barang dapur sehingga membuat tak enak di pandang alias berantakan. Misalnya, memamerkan koleksi teko yang memiliki motif bervariasi atau koleksi berbagai macam bentuk mangkuk yang bervariasi. Hal ini membuat penggunaan dapur sehari-hari menjadi tidak efisien. Mangkuk bervariasi atau teko bervariasi lebih jarang dipakai dalam penggunaan sehari-hari. Sebaiknya, menaruh barang-barang yang tiap hari digunakan seperti piring dan gelas. Pasalnya jika ingin menggunakan rak terbuka, lakukan pembersihan secara berskala agar debu tidak mudah menempel.

  • Kurang Pencahayaan
www.pexels.com

Hal yang biasa tidak disadari ialah lupa akan pencahayaan yang optimal di ruang dapur. Padahal dapur yang baik, memiliki pencahayan memadai untuk memasak dan membersihkan. Apalagi kegiatan masak-memasak sering menggunakan peralatan yang tajam, seperti pisau. Jadi, pencahayaan optimal membantu Anda lebih berhati-hati dalam menggunakan peralatan dapur yang tajam. Disamping itu, jika tidak memiliki jendela di ruang dapur, Anda bisa menggunakan lampu yang downlight LED yang terang.

  • Sediakan Stop Kontak Listrik
www.pexels.com

Alangkah baiknya, Anda memasang stop kontak listrik di ruang dapur. Anda bisa mencolok kabel listrik perangkat elektronik rumah tangga ke stop kontak, tanpa harus menggunakan colokan terminal. Colokan terminal yang semrawutan kemana-mana,  membuat dapur menjadi tidak aesthetic.Usahakan instalasi listrik di dapur tidak mengganggu keindahan ruang dapur.

  • Adanya Ventilasi
www.pexels.com

Kesalahan dekorasi dapur yang biasa tidak disadari ialah ventilasi. Ruang dapur yang nyaman memiliki sistem ventilasi untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Di samping itu, ventilasi yang baik membantu peralatan dapur lebih awet. Misalnya, kompor menghantarkan panas. Suhu yang lebih tinggi bisa membuat kondensasi atau penguapan, sehingga tidak baik bagi kesehatan. Nah untuk memiliki sistem ventilasi yang baik, Anda bisa menggunakan jendela untuk mengeluarkan sisa udara. Selain itu, Anda bisa menggunakan ventilasi exhaust untuk menjaga udara dalam ruangan tetap bersih.

Itulah beberapa kesalahan dekorasi dapur yang biasa tidak kita sadari. Bukannya membuat ruang dapur menjadi nyaman namun malah sebaliknya. Padahal ruang dapur salah satu ruang yang mesti diperhatikan dari segi desain interior. Jangan sampai mendekorasi ruang dapur tapi tidak mementingkan aspek fungsionalnya. Oleh karena itu, Anda bisa menyewa jasa desain interior untuk menciptakan dapur sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk area Kota Makassar dan sekitarnya bisa hubungi kami di 0813 5549 81843 (Amran). Bisa dimulai dari konsultasi dulu. Gratis Kok!

Admin Portal

Author Admin Portal

Tim Penulis www.portalindonesiaperkasa.com

More posts by Admin Portal

Join the discussion One Comment

Leave a Reply

Share via
Copy link
Powered by Social Snap