Rumah Panggung | www.google.com

Salah satu objek yang menjadi penanda perkembangannya zaman adalah desain rumah. Seni dalam desain rumah dari zaman ke zaman pasti berkembang seiring berjalannya waktu. Namun ada juga loh, rumah modern tetapi tetap mempertahankan konsep tradisional. Mereka menganggap bahwa rumah adat adalah sebuah cendera mata dari nenek moyang yang akan tetap mereka pertahankan sebagai wujud penghargaan. Salah satunya adalah rumah panggung. Oleh karena itu, nuansa rumah panggung akan tetap eksis dan dikombinasikan dengan konsep modern. Menetap dalam rumah panggung punya kebanggan tersendiri dan tentunya memiliki banyak manfaat rumah panggung untuk hunian idaman yang identik dengan tradisional. Anda bisa merasakan kenyamanan yang luar biasa ketika menetap di rumah panggung dan tentunya menyatuh dengan alam. Rumah panggung memiliki interior yang lebih sejuk dan bersih akan bisa jadi wahana yang menyenangkan bersama keluarga Anda tentunya. Selain manfaat tersebut, simak 7 manfaat membangun rumah panggung lainnya berikut ini.

LEBIH TERHINDAR DARI BANJIR

Salah satu manfaat rumah panggung ialah terbebas dari rawan banjir seperti yang berada di hilir sungai, danau, rawa akan menjadi opsi terbaik bagi daerah yang rawan banjir. Tiang penyangga yang tinggi akan lebih aman dari genangan banjir. Rumah panggung akan cocok dengan Anda yang tinggal didaerah pesisir yang khawatir ketika terjadi pasang air laut.

RELAKSASI DIRI

Suasana rumah panggung yang sejuk dengan aliran udara bisa Anda jadikan tempat relaksasi diri loh. Bayangkan jika Anda berada dirumah panggung di pagi ataupun di sore hari ditemani suara-suara alam. Sangat nyaman bukan? Berbeda dengan rumah pada umumnya yang memanfaatkan ventilasi mengalirkan udara, rumah panggung justru bisa mengalirkan udara dari segala sisi rumah. Selain itu, manfaat rumah panggung memiliki kelembaban yang lebih baik dibandingkan rumah modern. Jadi tentu saja Anda akan lebih menikmati alam dibandingkan dengan rumah pada umumnya.

TERHINDAR DARI HEWAN BUAS

Tiang penyangga pada rumah panggung yang tinggi apakah memiliki kelebihan? Yaa..tentu! selain dapat menghindari genangan air, tiang penyangga juga dapat menghindari Anda dari serangan binatang buas. Orang-orang terdahulu yang hidup dihutan semuanya  menggunakan rumah panggung dengan alasan banyak binatang buas. Jadi, latar belakang itulah yang menjadikan tradisi kita yang tetap bertahan hingga saat ini.

MELEPASKAN ENERGI GEMPA

Kayu yang digunakan sebagai bahan utama rumah panggung memiliki kelebihan tersendiri loh. Kayu yang sifatnya elastis akan mengurangi resiko getaran gempa sehingga tidak langsung menghantam lantai bangunan. Penggunaan kayu sebagai bahan dasar pembangunan rumah berawal pada abad ke-17 yang dimana sering terjadi gempa. Walaupun sifatnya elastis tapi kayu termasuk bahan yang kuat dan tahan akan cuaca dan serangga loh.

MEMILIKI KEINDAHAN DAN UNIK

Banyak juga yang mempertahankan tradisi rumah panggung karena memiliki keunikan yang khas. Rumah panggung tentunya berbeda-beda pada tiap daerah di nusantara. Sesuatu yang khas dan unik tentu akan menjadi kekayaan yang sangat berharga. Oleh karena itu, rumah panggung menarik perhatian banyak turis dan dijadikannya objek wisata kebudayaan. Tentu Anda bangga bukan? Yuk pertahankan budaya nusantara kita!

HALAMAN YANG LUAS

Rumah panggung yang sederhana memiliki kelebihan dengan halaman rumah yang lebih luas. Biasanya, pembangunan rumah panggung akan menyisahkan lahan yang luas. Jadi, tentu saja sisa lahan itu dijadikan halaman. Jadi Anda akan lebih berkreasi apa saja dihalaman rumah panggung Anda. Entah itu dijadikan lahan tanaman bunga, buah-buahan ataupun apa saja yang Anda inginkan.

KOLONG YANG MULTIFUNGSI

Selain halaman yang luas, manfaat rumah panggung yang lain juga yaitu kolong yang berada di bawah rumah panggung dapat dijadikan tempat penyimpanan hasil panen. Kolong yang sangat luas, memberikan manfaat yang luar biasa. Selain menyimpan hasil panen, kolong pada rumah panggung juga dapat dijadikan lahan pemeliharaan hewan juga. Seperti, hewan unggas, kuda, kambing, dsb.

Nah, itulah beberapa manfaat dari rumah panggung. Keindahan rumah panggung berbeda-beda ciri dan khas dari tiap daerah nusantara. Selain karena memiliki khas dan keunikan, rumah panggung merupakan cendera mata dari nenek moyang yang sangat mahal dan harus kita pertahankan walau dihadang oleh zaman. Rumah panggung juga mengandung berbagai manfaat bagi kehidupan baik dari hal yang sifatnya mengancam dan juga bersifat keindahan

Admin Portal

Author Admin Portal

Tim Penulis www.portalindonesiaperkasa.com

More posts by Admin Portal

Leave a Reply

Share via
Copy link
Powered by Social Snap